6 Tips Menjaga Keselamatan Selama Wisata Trekking

Spread the love

Bagi petualang yang suka menantang adrenalin, trekking adalah salah satu pilihan yang wajib dicoba. Trekking merupakan kegiatan menyusuri hutan rimba, sungai dan lainnya dengan medan yang cukup berat. Kegiatan trekking sangat cocok dilakukan bagi kamu yang suka berpetualang dengan jalur yang tidak ramai dilalui bahkan tidak terjamah oleh masyarakat umum.

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan kegiatan trekking tidak boleh asal karena kegiatan ini cukup berisiko. Apalagi jalur yang dilalui cukup sepi dan bahkan kamu harus membuka jalur baru untuk bisa dilewati. Itulah sebabnya, sebelum Anda mulai trekking perlu memperhatikan keselamatan diri dan di bawah ini ada beberapa tipsnya.

6 Cara Menjaga Keselamatan Saat Trekking

6 tips atau cara menjaga keselamatan selama wisata trekking yang wajib kamu perhatikan adalah:

1.      Membawa Perbekalan yang Cukup

Tips pertama yang wajib kamu perhatikan selama wisata trekking adalah membawa perbekalan yang cukup. Perbekalan seperti air dan makanan adalah hal wajib yang harus Anda bawa selama trekking. Persiapkan perbekalan dengan jumlah yang cukup untuk mengisi stamina kembali.

Selama di perjalanan trekking sebaiknya menghemat perbekalan yang kamu bawa dari rumah. Jangan terlalu banyak makan dan minum supaya perbekalan kamu tidak habis sebelum sampai ke tempat tujuan. Pastikan juga kamu tidak membuang bungkus bekas makanan atau minuman ke tempat sembarangan supaya menjaga kelestarian alam dengan baik.

2.      Menentukan Rute

Tips kedua adalah menentukan rute perjalanan yang akan kamu lalui saat trekking nantinya. Menentukan rute sebelum trekking merupakan hal yang sangat penting kamu perhatikan. Kamu bisa memanfaatkan peta atau bisa juga mendapatkan masukkan dari petugas keamanan hutan, baru bisa mulai memperhitungkan waktu untuk trekking menggunakan rute yang akan dilalui.

Selain itu, biasanya ada banyak alternatif jalan yang bisa kamu lalui selama trekking. Usahakan memilih rute trekking dengan medan yang cukup mudah dilewati dan janganlah mengambil risiko dengan cara membuka jalan baru yang belum pernah dilalui sebelumnya. Kamu harus menjaga keselamatan selama trekking supaya tidak tersesat dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3.      Memperhatikan Kondisi dan Cuaca

Tips ketiga adalah memperhatikan kondisi dan cuaca sebelum mulai melakukan trekking. Selain kamu harus menentukan rute perjalanan, namun juga harus memperhatikan kondisi cuacanya seperti apa. Selama trekking kamu akan menghabiskan waktunya di alam dan bisa terjadi cuaca buruk, seperti hujan badai, petir dan cuaca dingin.

Sebaiknya kamu memilih berhenti di kondisi cuaca yang buruk dan tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan. Tunggulah sampai cuaca aman terkendali dan kamu bisa jalan kembali. Persiapkan jas hujan, rain cover untuk pelindung tas, obat-obatan dan lampu penerangan untuk mengantisipasi cuaca buruk selama di perjalanan.

4.      Memakai Pakaian yang Nyaman

Memilih pakaian untuk trekking sering dianggap sepele, namun hal ini justru sangat penting sekali. Jangan sampai selama di perjalanan kamu kedinginan dan terkena hipotermia sehingga harus memilih pakaian yang tepat. Kamu juga perlu memperhatikan pakaian yang nyaman supaya selama di perjalanan tidak mengganggu kenyamanan.

Kriteria pakaian yang nyaman dan aman untuk trekking adalah menggunakan kaos, celana kargo dan jaket. Selain pakaian yang kamu kenakan, sebaiknya kamu juga membawa pakaian cadangan untuk mengganti pakaian yang kotor atau basah supaya lebih nyaman. Pastikan juga kamu menggunakan sepatu khusus untuk trekking supaya kaki tidak lecet dan terpeleset karena medannya cukup sulit.

5.      Memperkirakan Lama Waktu Perjalanan

Pasti banyak dari kamu yang tidak memperhatikan begitu pentingnya menentukan lama waktu perjalanan saat trekking. Menentukan waktu perjalanan bisa dilakukan untuk membuat perhitungan membawa perbekalan selama di perjalanan atau saat trekking. Keduanya adalah hal yang tidak dapat dipisahkan supaya perjalanan kamu aman dan nyaman sampai ke tujuan.

Jumlah perbekalan yang dibawa tergantung dengan lamanya waktu perjalanan yang akan ditempuh. Jangan sampai perbekalan yang kamu bawa sudah habis padahal perjalanan masih panjang. Kamu bisa merasa kelaparan atau haus karena semua perbekalan sudah habis.

6.      Memastikan Kondisi Tubuh Fit

Sebelum kamu mulai melakukan perjalanan trekking sebaiknya memastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit. Jangan memaksakan diri mengikuti kegiatan trekking dengan kondisi tubuh sedang tidak fit. Hal ini justru akan membahayakan keselamatan kamu sendiri selama di perjalanan.

Apalagi trekking merupakan kegiatan yang cukup sulit dilalukan karena kamu akan melewati hutan dengan berbagai cuaca, medan dan jarak tempuh yang cukup jauh. Memastikan kondisi tubuh fit akan membuat perjalananmu lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai kamu membuat teman satu tim kesulitan dalam mengurus kondisi kamu yang sakit di perjalanan.

Jadi, seperti itulah 6 tips menjaga keselamatan selama wisata trekking yang wajib kamu perhatikan dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.