8 Tempat Wisata Trekking Asyik di Bogor

Spread the love

Khusus bagi Anda yang tertarik dengan kegiatan trekking wajib tahu beberapa tempat wisata trekking yang menarik dikunjungi di Bogor dan sekitarnya. Trekking merupakan salah satu jenis olah raga yang banyak disukai oleh masyarakat. Wisata trekking bisa melepaskan penat sekaligus olah raga dengan melihat pemandangan alam yang memesona.

Itulah alasannya mengapa banyak masyarakat yang suka trekking karena selama di rute perjalanan tidak membosankan. Anda bisa melihat pemandangan alam yang begitu indah dan jarang ditemui di perkotaan. Nah, ini dia 8 tempat wisata trekking yang bagus dan indah di Bogor yang bisa Anda coba.

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Trekking Terbaik di Bogor

Rekomendasi 8 tempat wisata trekking terbaik dan indah di Bogor adalah:

1.      Curug Ciampea

Curug Ciampea letaknya cukup tersembunyi di balik gunung dan juga berada di dalam hutan sehingga akan membuat petualangan trekking ke sana semakin menyenangkan. Anda bisa mengunjungi Curug Ciampea dengan cara menelusuri hutan dengan trekking yang cukup panjang.

Waktu tempuh trekking ke Curug Ciampea kurang lebih 40 menit dengan melewati hutan. Perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan akan terbayarkan dengan kesegaran dan kesejukan air terjun yang sekaligus berdampingan dengan hutan yang masih terjaga keasriannya.

2.      Gunung Batu

Bagi Anda yang ingin trekking yang tidak terlalu tinggi. Gunung Batu adalah salah satu pilihan yang tepat. Khususnya bagi Anda yang baru pertama kali mencoba trekking jadi sebaiknya mencari tempat wisata trekking yang tidak terlalu tinggi.

Gunung Batu memiliki ketinggian 875 meter di atas permukaan laut sehingga sangat cocok untuk pemula seperti Anda. Pemandangan di atas gunung yang begitu indah dan Anda bisa memandangi perbukitan, sungai dan hutan yang masih rimbun di atas pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

3.      Puncak Lalana

Puncak Lalana adalah salah satu wisata trekking berikutnya yang perlu Anda coba. Wisata alam ini masih baru diresmikan dan belum banyak orang yang tahu lokasinya. Pastinya seru jika Anda trekking ke Puncak Lalana karena masih belum terlalu ramai.

Puncak Lalana merupakan bukit yang ada di Bogor dengan ketinggian hanya 385 meter di atas permukaan laut. Untuk bisa mencapai puncaknya, Anda bisa menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dengan medan berbatu dan juga mendaki.

4.      Curug Cilember

Curug Cilember merupakan wisata alam yang memiliki 7 air terjun yang berdekatan jaraknya. Sekali Anda melakukan trekking bisa mendapatkan air terjun yang berbeda-beda. Jarak ke setiap curug tidak sampai 1 Km sehingga cukup dekat dan bisa dijamah dengan mudah.

Ke lokasi curug yang lainnya, Anda akan melewati medan yang berbeda-beda dan pastinya akan lebih seru. Selama di perjalanan Anda juga bisa melihat pemandangan alam yang indah berupa hutan pinus.

5.      Gunung Alesano

Tempat wisata trekking berikutnya yang tidak kalah indah adalah Gunung Alesano. Bagi Anda yang ingin trekking ke sana harus mempersiapkan peralatan camping karena bisa melihat pemandangan city light saat malam hari.

Jalur trekking ke Gunung Alesano tidak terlalu jauh sehingga sangat cocok bagi pemula. Selain bisa melihat pemandangan city light, Anda juga bisa melihat pemandangan keindahan Gunung Salak.

6.      Gunung Murana

Gunung Murana merupakan gunung kecil atau bisa dikatakan sebagai bukit yang letaknya ada di daerah Bogor. Bukit ini juga memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, namun Anda tetap bisa merasakan sensasi trekking yang seru dan menyenangkan.

Waktu tempuh untuk trekking ke puncak Gunung Murana adalah sekitar 1 jam perjalanan. Anda bisa melihat pemandangan hamparan hijau di bawah dan pedesaan yang ada di sekitarnya.

7.      Gunung Eusing

Gunung Eusing juga merupakan wisata trekking yang wajib Anda coba karena cukup pendek. Ketinggiannya hanya sekitar 360 mdpl dan meskipun terbilang pendek, namun perjalanan ke puncaknya dapat menguras tenaga. Di kawasan puncaknya memberikan pemandangan hijau dan alami dan cocok bagi Anda yang ingin liburan singkat.

Namun, bagi Anda yang ingin trekking ke Gunung Eusing sebaiknya meminta izin terlebih dahulu ke warga setempat karena bukan termasuk wisata umum yang bisa dikunjungi secara bebas.

8.      Curug Cibadak

Curug Cibadak, Bogor juga merupakan salah satu wisata trekking yang indah dan menarik dicoba. Perjalanan trekking sampai ke curug kurang lebih 45 menit sampai 1 jam perjalanan. Jalur trekkingnya juga cukup terjal dan menanjak sehingga Anda harus menggunakan alas kaki yang aman untuk melakukan trekking ke sana.

Curug Cibadak memiliki sebuah keunikan yaitu ada 2 aliran yang terpisahkan oleh batu besar yang berada di tengahnya dan membuat seolah airnya bercabang.

Itulah 8 rekomendasi tempat wisata trekking yang asyik dan indah di Bogor yang bisa Anda kunjungi.