Datfar 7 Rute Hiking Terfavorit di Sentul

hiking sentul
Spread the love

Saat ini wisata alam memang lebih banyak digemari oleh orang-orang. Bukan tanpa alasan, pasalnya mereka merasa bahwa pemandangan secara alami lebih ampuh untuk menghilangkan kepenatan dari kesibukan pekerjaan. Apabila Anda tertarik, maka bisa mencoba 7 rute hiking terfavorit di Sentul.

Daftar 7 Rute Hiking Terfavorit di Sentul

Berada di kawasan kaki gunung Gede Pangrango dan juga Gunung Salak membuat Kabupaten Bogor menjadi destinasi wisata paling sempurna untuk Anda jadikan refreshing di alam. Ada banyak spot seperti camping di air terjun, jalan-jalan ke hutan hingga hiking. Berikut rute hiking paling favorit.

  1. Rute Leuwi Asih

Pertama adalah rute pendakian Leuwi Asih yang jadi salah satu rute hiking paling populer khususnya bagi pendaki pemula. Panjang jalur ini sekitar kurang lebih 2 sampai 3 kilometer. Pengunjung bisa mengawalinya di area parkir kendaraan di dekat Desa Cigobang.

Simak Juga : Petualangan Menjelajahi Keindahan Alam Indonesia

Anda bisa melewati daerah perbukitan, kebun, perkampungan warga, sawah dan juga Sungai Sangkuriang. Spot utama adalah berada di Leuwi Asih pada salah satu puncak bukit. Daya tariknya yakni ketika pengunjung bisa menyaksikan Gunung Pancar dari kejauhan.

  1. Curug Leuwi Lieuk dan Leuwi Hejo

Tujuan treking selanjutnya tidak hanya pada satu tempat saja melainkan dua yakni Anda bisa berkunjung sekaligus di Curug Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk. Meski ada dua tempat, namun waktu perjalanannya hanya dua hingga tiga jam saja. Jarak tempuhnya yakni sekitar 6 kilometer.

Sepanjang perjalanan, Anda bisa melihat beberapa curug di sekitarnya mulai dari Leuwi Benjol, Leuwi Hejo, Leuwi Cipet, Leuwi Barang dan juga Leuwi Lieuk. Selain itu juga dapat menyaksikan hamparan sawah, kebun kopi dan juga sungai. Keduanya sama-sama berlokasi di Cibadak, Kec. Sukamakmur.

  1. Curug Putri Kencana

Selanjutnya ada opsi treking yang bisa Anda tuju ke Curug Putri Kencana dengan waktu tempuh sekitar tiga hingga empat jam. Sekaligus menikmati pemandangan alam perjalanan, maka bisa sekaligus foto dan juga bermain air di sekitarnya. Jarak tempuh PP yakni memiliki jarak kurang lebih 6 kilometer.

Anda sudah melewati kawasan hutan rakyat dan persawahan. Alamat Curug Putri Kencana ini berada di Karang Tengah, Babakan Madang, Kab. Bogor. Tujuannya hanya satu yakni menuju ke Curug Putri Kencana. Setelahnya, pengunjung bisa bermain air atau berenang di sekitaran kolam alami tersebut.

  1. Curug Cibingbin

Rute perjalanan selanjutnya yakni ada di Curug Cibingbin. Banyak pemula memilih jalur trekking ini karena tidak begitu sulit. Anak-anak dan rombongan pun masih bisa bersantai dan mengobrol bersama selama di perjalanan. Apabila Anda ingin sekedar mencoba, opsi Cibingbin adalah yang paling tepat.

Rute menuju ke lokasi utamanya memerlukan waktu sekitar 4 hingga 5 jam dengan jalan kaki. Apabila Anda bolak-balik dari lokasi awal ke Curug Cibingbin, maka jarak tempuhnya kira-kira adalah 6 km. Namun selama perjalanan, ada empat curug yakni Ngumpet, Cisalada, 3 Perjaka dan juga Cibingbin.

  1. Rute Curug Cibingbin dan Bukit Paniisan

Rute trekking satu ini memang cenderung lebih sulit dengan jarak tempuh cukup jauh. Pasalnya dalam satu kali perjalanan saja Anda harus berjalan kaki sekitar 7 sampai 8 kilometer. Terlebih waktu tempuhnya pun relatif panjang. Kira-kira akan memerlukan waktu tempuh hingga 6 jam.

Meski terkenal jauh dan cukup sulit, namun ada banyak wisata alam yang dapat Anda kunjungi mulai dari Curug 3 Perjaka, Curug Cibingbin, Curug Cisalada, Hutan Rakyat sampai Curug Ngumpet. Jalur yang dapat pengunjung pilih ada dua yakni Cimandala dan juga Habitur.

  1. Curug Leuwi Asih dan Goa Garunggang

Sama halnya seperti jalur trekking sebelumnya, perjalanan menuju ke Goa Garunggang ke Leuwi Asih juga terasa lebih menantang. Dengan melewati banyak tempat, Anda bisa menyaksikan sekaligus berkunjung ke Bukit Sereh, Goa Garunggang, Bukit Kolecer, Hutan Pinus hingga area persawahan.

Lantaran cukup banyak tempat yang bisa Anda singgahi, maka jarak perjalanannya juga cukup jauh mencapai 8 milimeter apabila PP. Berangkat dari Garunggang menuju ke Leuwi Asih, waktu tempuhnya yakni kira-kira lima hingga enam jam.

  1. Curug Cibaliung

Karena medannya yang cukup panjang, maka Anda harus benar-benar memiliki kondisi fisik bagus untuk memilih jalur trekking ini. Rombongan keluarga dan anak-anak tidak disarankan untuk berwisata dan mendaki menuju Curug Cibaliung.

Dalam waktu antara lima hingga enam jam, para wisatawan dapat menyaksikan area sawah dan sungai, Leuwi Benjol, Leuwi Hejo hingga Kebun Kopi. Bahkan apabila beruntung, Anda bisa mampir ke Curug Barong dan Leuwi Lieuk.

Itulah tadi daftar rute hiking terfavorit di Sentul yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan saat sedang ingin mendaki di sekitaran Bogor. Setiap jalur pendakian memiliki kesulitan berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan. curbd.com